Lab Center

Universitas Jenderal Achmad Yani

Peningkatan mutu Perguruan Tinggi menuju World Class University (WCU) seiring dengan semakin berkembangnya era globalisasi dan kompetisi global semakin disadari oleh berbagai Negara dunia. Pencapaian WCU yang dapat diartikan sebagai mekanisme perankingan dalam skala internasional dalam segi operasional, fasilitas, metode, dan lulusan Perguruan Tinggi sehingga mampu bersaing dalam skala internasional.

Berbagai negara berkembang dan negara maju di dunia mulai berlomba menerapkan WCU, diantaranya Thailand, Singapura, Hongkong, Taiwan Tiongkok dan lain sebagainya. Sehingga di masa yang akan datang terdapat pilihan lain dari Perguruan Tinggi Berkelas Dunia selain yang berada di Amerika Serikat termasuk Negara berkembang seperti Indonesia.

Riset dan pengembangan inovasi adalah salah satu bukti adanya kualitas Perguruan Tinggi. Laboratorium menjadi wadah untuk menghasilkan berbagai riset dan inovasi, serta sebagai cerminan tingkat  kemajuan ilmu dan teknologi pada sebuah institusi Perguruan Tinggi. Laboratorium juga yang menjadi wadah pengujian dan output pembelajaran yang telah dilakukan dari berbagai latar belakang keilmuan. Dengan demikian, konsepsi WCU dan World Class Laboratory muncul dan memiliki hubungan yang erat.

Sebagai institusi yang komplek, Unjani mengharuskan adanya pengelolaan yang komprehensif dan strategis dalam menjalankan dan menata sarana, prasarana dan kepemimpinannya guna menjalankan tugas tridarma perguruan tinggi, salah satunya dengan mengembangkan laboratorium perguruan tinggi. Berbagai laboratorium telah didirikan sesuai dengan konsentrasi keilmuan dan kekhasan yang dikembangkan sebagai pusat pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyrakat. Laboratorium yang terdapat di Unjani diantaranya: Laboratorium Teknik, Laboratorium Teknologi Manufaktur, Laboratorium Kedokteraan, Laboratorium Science dan Informatika, Laboratorium Farmasi, Laboratorium Psikologi, Laboratorium Ekonomi, dan Laboratorium Bahasa dan Komputer. Laboratorium tersebut memiliki sub laboratorium lainnya pada setiap Jurusan/Prodi.

Laboratorium menjadi simbol sekaligus jantung dalam kegiatan Tri Dharma di setiap perguruan tinggi. Unjani sebagai universitas yang terus berupaya menjadi bagian dari WCU, berupaya meningkatkan kualifikasi yang tertulis dalam surat Keputusan Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi, Nomor : Kep /26/YKEP/III /2018, tanggal 29 Maret 2018 pada pasal 29(4)(ii) tentang tugas dan pembidangan dibawah Wakil Rektor bidang Akademik, dibantu oleh diantaranya Kepala Biro Akademik, Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan Akademik, Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kepala Bagian Perpustakaan Pusat, Kepala Bagian Pusat Bagasa dan Kepala Bagian Pusat Laboratorium. Bidang Laboratorium Pusat.

Pendirian Laboratorium Pusat akan direalisasikan dengan beberapa tahapan. Dalam rencana jangka pendek, laboratorium pusat Unjani akan menjadi pusat data dan informasi kondisi, dan perkembangan seluruh laboratorium di lingkungan Unjani untuk kepentingan peningkatan akreditasi baik di tingkat Universitas maupun Fakultas. Pemetaan kebutuhan peralatan dilakukan untuk menginventarisasi berbagai kendala yang terdapat dimasing-masing laboratorium di setiap jurusan untuk di lakukan fasilitasi. Identifikasi tersebut bermanfaat untuk mensinergikan antara kondisi laboratorium yang ada, perkembangan IPTEK yang semakin modern, serta tuntutan tugas tridharma perguruan tinggi yang terus berkembang.

Visi, Misi, Tujuan dan Fungsi

Visi

"Menjadikan Pusat laboratorium yang berkualitas dan menjunjung profesionalisme di berbagai bidang keilmuan science dan pengembangan soft skill yang berwawasan lingkungan, berwawasan kebangsaan dan bernuansa militer"

 

 

 

Tujuan

  • Meningkatkan kemampuan penalaran ilmuah serta mencari solusi permasalahan di bidang science dan teknologi.
  • Meningkatkan kemampuan soft skill sebagai kemampuan dasar umum yang harus dimiliki mahasiswa, civitas academy, dan masyarakat sekitar sebagai penunjang keilmuan science dan teknologi.
  • Berpartisipasi dalam pengembagan berbagai keilmuan melalui aktifitas pendidikan, pelatihan dan penelitian
  • Merencanakan dan menerapkan aktifitas pengembangan berbagai keilmuan  melalui aktifitas pendidikan, pelatihan, dan penelitian.
  • Menjaga kesinambungan layanan mahasiswa, civitas academy, dan masyarakat dalam bentuk pemanfaatan laboratorium terpusat dari pihak luar dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Misi

  • Menyelenggarakan proses pendidikan untuk membantu peserta didik menjadi manusia berkemampuan akademik dan atau profesional, sehingga mampu berperan secara bermakna di segala aspek kehidupan masyarakat dan bernegara.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, keilmuan dan pengembangan soft skill untuk mengupayakan penggunaanya dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat berlandasan wawasan lingkungan kebangsaan yang bernuansakan militer.

Fungsi

  • Sebagai tempat penelitian science baik mahasiswa program diploma, S1, S2 maupun S3, serta bagi civitas academy, dan masyarakat sekitar Unjani.
  • Berperan sebagai miniplan untuk prosessing dan rekayasa produk hasil penelitian dan pengembangan teknologi dan science.
  • Pelatihan Soft Skill bagi seluruh mahsiswa, civitas academy, dan masyarakat sekitar Unjani.
  • Tempat yang memiliki kualifikasi akreditasi dan profesional dalam memproses penelitian dan pembuatan produk penelitian masyarakat.